Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Media Online Yang Berani Membayar Penulisnya

5 Media Online Yang Membayar Penulis Lepasnya Manusiawi

Hi, berjumpa kembali dengan mimin disini, sesi kali ini akan membawakan tema ; mengenai youtuber download 5 Media Online Yang Membayar Penulis Lepasnya Manusiawi mari simak penjelasan selengkapnya ya...






Ada berjibun bakat penulis di Indonesia. Tidak sedikit yang menyimpan bakatnya karena tidak mendapat badan yang tepat. Ada pula yang memilih menjual murah bakat itu ke orang atau pihak yang salah. Alhasil, pekerjaan sebagai penulis dianggap sia-sia karena tidak bakir menghidupi.
Tidak kagum pula mengapa berjibun yang tidak akan menjadikan profesi penulis sebagai karir. Jangankan untuk karya yang lebih besar, benar-benar sebagai blogger profesional pun acap kali dikesampingkan.

Hiduplah kebiasaan copy paste di berjibun lini. Bukan sekadar dipergaulan blogger, kebiasaan ini juga merambah ke tingkat yang serius, universitas. Itu terjadi karena berjibun yang berpikir, untuk apa susah-susah memutar otak menciptakan tulisan, kalau toh semua bisa dicopy secara bebas.

Internet benar melampiaskan sekaligus melenyapkan secuil hasrat. Utamanya hasrat untuk berkarya khususnya mereka yang tidak memiliki kemampuan tapi akan mendapat peluang. Kebiasaan makan mie instan merambah juga saat menciptakan karya, semua akan serba instan.

Pada postingan 5 Tempat Mengirim Tulisan dengan Bayaran Manusiawi sebelumnya, saya pernah menjelaskan bagaimana industri tulis menulis ini hidup di Indonesia. Permintaan benar tinggi, tapi harga jual sebagai ganjaran tidak sebanding.

Tapi andaikata ingin sedikit mencari, aktual siap berjibun badan bagi penulis lepas untuk berkarya. Ganjarannya pun manusiawi. Bolehlah andaikata harus dibandingkan dengan situs-situs lelang artikel yang sering kali iklannya berseleweran.

Khusus untuk postingan ini, disini kita melepaskan lima alternatif media online di Indonesia yang menerima penulis lepas dengan bayaran memuaskan. Kenapa sekadar lima dari ratusan hingga ribuan media online di Indonesia, karena sekadar lima ini yang pernah saya coba. Atau setidaknya saya mengenal orang yang pernah mencoba.
Semoga juga kalian bisa mencicipinya. Apa saja?

1. Detik

Saya yakin, berjibun yang pernah kenal dengan media online milik Trans Corp ini. Pada rubrik Kolom, Detik menerima artikel dari orang di luar redaksinya. Setiap yang berbuah tayang akan dibayar Rp600.000 per artikel.

Mereka menerima artikel seputar politik, desas-desus sosial dan peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Sebaiknya yang berlaku secara nasional. Jangan yang terlalu lokal. Bisa sahaja desas-desus lokal tapi dampaknya mengIndonesia. Selain dapat bayaran, mereka juga menerapkan sistem poin yang bisa diakumulasi.

2. Vice

Media internasional ini pernah melantai di Indonesia beberapa tahun terakhir. Fokus tulisannya pada desas-desus budaya pop dengan bagian pembaca anak muda. Kalian bisa mengirim artikel ke Vice andaikata memiliki usulan yang menarik.

Tidak bagaikan Detik yang pernah aliran jadi, di Vice saya mengirim usulan terlebih dahulu. Jika mereka tertarik dengan ide tulisannya, maka akan diberi waktu untuk mengerjakan. Bayaran yang dijanjikan juga lumayan. Rp1.200 per kata. Bisa dibayangkan kalau bakir menulis hingga 3000 kata. Berapa bayaran yang didapatkan.

3. Mongabay

Sama bagaikan Vice, Mongabay juga media asing yang memilih Indonesia sebagai base di Asia Tenggara. Bedanya, media ini mengkhususnya artikel seputar lingkungan. Kalau anda termasuk orang yang suka atau peduli terhadap lingkungan mu, bisa coba-coba menulis di sini.

Untuk eka artikel, Mongabay juga melepaskan bayaran Rp750 per kata. Tapi biasanya itu berlaku untuk yang bekerja tetap dengan mereka. Khusus untuk penulis lepas, eka artikel diganjar Rp500.000 belum termasuk foto yang berbuah tayang. Per framenya dibayar Rp50.000.

4. Beritagar

Yang ini bisa dikata sebagai jago munculnya robot journalism di Indonesia. Dan benar belum siap media lain yang bahadur mengikuti langkahnya. Di bawah naungan Djarum Foundation, Beritagar memiliki akses lebar untuk penulis lepas.

Kamu memiliki berjibun pilihan rubrik yang disukai untuk menulis di sini. Mereka membayar mulai dari Rp250.000 per artikel hingga Rp1.500.000 lengkap dengan foto. Akan lebih mahal lagi kalau kalian memiliki kemampuan membuat video.

5. Destinasian

Buat yang suka jalan-jalan tapi tidak sekedar mejeng foto, boleh mencoba menulis di Destinasian. Media ini awalnya hanyalah majalah wisata superior yang dibaca kelas menengah atas. Namun belakangan mereka membongkar merambah bisnis digital.

Jika anda penulis ekspedisi dengan standar yang baik, mereka merekomendasi kesempatan untuk menulis. Untuk eka artikel di onlinenya minimal 1.000 kata, Destinasian akan membayar Rp2.000.000 dengan masa kontrak artikel eka bulan. Jika berbuah menembus majalahnya, maka siap-siap dibayar Rp7.000.000 per tulisan. Sama, mereka sekadar membayarnya eka bulan. Selepas tuh, anda bebas menjual karya mu ke tempat lainnya lagi.

Lima media online dengan beragam bagian di atas, saya pikir layak menyubstitusi berjibun perminatan. Sebenarnya masih berjibun lagi, bagaikan Techinasia yang pokok membahas soal teknologi dan startup. Tapi silahkan mencari sendiri untuk bagian yang lain.

Saya sekadar akan katakan, aktual kalau saya serius pada bidang tulis menulis, jalannya tetap ada. Hanya sahaja selama ini tidak begitu berjibun tahu. Banyak penulis di Indonesia pokok menciptakan berjibun karya, tapi lupa esensi kualitasnya. Secara tidak terus harganya juga jatuh.

Kalau siap karya sekecil apapun itu, tapi dikerjakan dengan sungguh-sungguh tanpa mengedepankan copy paste. Saya pikir harganya akan tetap menjanjikan. Kalau kalian serius untuk jual beli karya. Mau yang lebih menjanjikan lagi, buatlah buku.


Begitulah detil perihal 5 Media Online Yang Membayar Penulis Lepasnya Manusiawi semoga info ini menambah wawasan untuk kita semua. Bila ada kata yang salah, mohon di koreksi lewat komentar dibawah ini. salam
Sumber Artikel ini : https://www.blogooblok.com/2018/12/5-media-online-yang-membayar-penulis.html

Posting Komentar untuk "5 Media Online Yang Berani Membayar Penulisnya"