Artikel Teranyar Untuk PEMULA: 6 Langkah TERUJI Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia | Blogguebo.com Cara Monetisasi Blog
Apa kabar?, bertemu kembali dengan mimin dinisi, di kesempatan akan membawakan mengenai cara monetisasi blog Untuk PEMULA: 6 Langkah TERUJI Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia | Blogguebo.com silahkan simak selengkapnya ya...
Semakin hari semakin sering abdi membaca pertanyaan yang sama:
“Mas Medhy, sebenarnya dengan jalan apa sih caranya bisa arta dari ngeblog?”
“Saya bingung harus dari dari mana. Bisa nggak dijelaskan ala ringkas dan langkah demi langkah?”
Ini pertanyaan klise namun terbukti acap menjadi momok bagi membayangkan yang aktual terjun di dunia make money from blogging.
Banyaknya informasi yang tersebar di internet alih-alih tak acap membantu. Seringkali, informasi yang terlewat berjibun justru malah melaksanakan bingung.
Mana yang benar?
Mana yang bisa dipercaya?
Mana yang harus diikuti?
Akibatnya, tak semua orang bisa menemukan dari titik mana harus memulai buat membaca pendapatan dari blog.
Artikel praktis ini ala istimewa abdi catat buat membayangkan yang betul-betul sedang baru, sedang pembuka jalan alias “newbie“, di dunia make money from blogging. Masih baru, artinya BELUM pernah terjun sama amat di dunia blogging for money dan BELUM pernah membaca arta dari aktivitas blogging.
Jika Anda termasuk pada kelompok tersebut, silahkan mengartikan dan tak ada salahnya mem-bookmark jerambah ini.
Dan bagi Anda yang pernah tak termasuk kelompok yang abdi maksud, tak krusial mengartikan esai ini. Saya yakin Anda pernah berada di jalan yang tepat buat menghasilkan arta dari blog Anda.
So, let’s get started!
6 Langkah TERUJI Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia
1. MENENTUKAN NICHE/CERUK
Langkah pertama justru setelah Anda melaksanakan blog adalah ini: tentukan niche alias jelukan blog Anda. Jika Anda harus mencatat buat rentang waktu yang panjang (misalnya 6 bulan), barang pokok apa yang Anda embuh tulis?
Olahraga?
Hiburan?
Kesehatan?
Politik?
Teknologi?
Kenapa menyukai pokok blog yang hendak Anda buat bena andaikan Anda embuh menghasilkan arta dari blog Anda?
Pertama, akibat andaikan Anda menyukai apa yang Anda catat di blog Anda, maka kemungkinan besar Anda hendak bisa bertahan kian lama di dunia make money from blogging. Anda tak hendak mudah putus asa dan berhenti, biarpun blog Anda belum menghasilkan uang.
Kedua, akibat andaikan Anda menyukai apa yang Anda catat di blog Anda, maka pembaca blog Anda hendak bisa melihat semangat Anda di pada artikel-artikel Anda. Akan sulit meyakinkan pembaca blog Anda andaikan Anda seorang diri tak yakin dengan apa yang Anda catat di blog Anda.
Selain itu, berhati-hati saya, pendekatan niche blogging (artinya blog dengan ahad pokok khusus, bukan blog dengan beragam topik) sampai saat ini terbukti sedang kian apik ketimbang general blogging buat menghasilkan arta dari blog. Alih-alih mencatat apapun yang cukup happening di sekitar Anda, hendak kian apik andaikata kita mencatat ala terkonsentrasi ahad pokok yang betul-betul kita minati.
Untuk PEMULA: 6 Langkah TERUJI Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia. Click to Tweet
Bagaimana kaidah memasang niche/ceruk blog Anda?
Berikut adalah 3 langkah biasa buat memasang niche/ceruk buat blog:
1. Mulai Dari Topik Umum
Anda tak krusial memulai dari nol. Ada berjibun kaidah memasang niche blog Anda. Salah satunya adalah dengan mengamati, meniru dan manfaatkan situs alias portal yang pernah mapan sebagai arketipe alias model. Ambil sampel Kompas.com.
Di jerambah Kompas.com, Anda hendak menemukan berbagai bagian berdasarkan topik-topik am seperti Olahraga, Hiburan, Bisnis dan Keuangan, Teknologi, Female, Otomotif dan lain-lain. Dengan memakai kategori-kategori am tersebut, Anda bisa memilih, mana pokok yang ala pribadi paling Anda minati?
Pilih cacat ahad dan kemudian catat di selembar kertas.
Untuk gampang tutorial ini, capai sampel andaikan Anda memastikan pokok “Olahraga“. Tulis pokok tersebut di atas selembar kertas.
2. Persempit Topik Anda
Setelah langkah pertama memasang pokok am selesai (dalam sampel ini adalah “Olahraga“), langkah berikutnya adalah dengan mengajukan pertanyaan ini: olahraga apakah yang paling Anda sukai?
Basket?
Sepakbola?
Tinju?
Sumo?
Katakanlah Anda memastikan “Sepakbola.”
Ajukan pertanyaan berikutnya: Sepakbola yang mana?
Liga Inggris?
Liga Italia?
Atau Liga Indonesia?
Jika Anda andaikan memastikan “Liga Inggris“, pokok tersebut sedang bisa dipersempit lagi dengan memastikan “Liga Utama Inggris” (atau nama resminya Premier League) dan bukan liga lainnya, andaikan “National League“.
Dengan kata lain, selepas menemukan pokok am yang Anda minati, langkah berikutnya yang harus Anda buat adalah mempersempit pokok am tersebut. Hemat saya, semakin sempit dan terkonsentrasi pokok yang Anda pilih hendak semakin baik. Sekali lagi, pilih cacat ahad dan kemudian catat di selembar kertas.
Untuk sampel ini, andaikan Anda memastikan pokok “Liga Utama Inggris“.
3. Riset Topik
Setelah Anda mempersempit pokok yang Anda minati, langkah selanjutnya yang SANGAT PENTING adalah melaksanakan riset pokok yang menduga Anda pilih. Riset pokok ini dimaksudkan buat membaca informasi atas tingkat persaingan topik, lebih-lebih yang muncul sebagai hasil investigasi search engine (terutama Google), berjibun setidaknya hasil investigasi dan kata-kata kunci yang berkaitan dengan pokok yang Anda pilih.
Dengan mengetahui tingkat persaingan, kuantitas volume hasil investigasi di search engine dan kata kunci yang berkaitan dengan pokok yang Anda pilih, maka kesempatan buat menguasai pangsa niche/ceruk blog Anda hendak semakin besar. Meskipun tak sepenuhnya bisa menggambarkan pokok yang Anda pilih, Anda bisa memakai tools cuma-cuma Keyword Planner dari Google Adwords buat keperluan penyelidikan pokok Anda.
Selain buat mengetahui tingkat persaingan dan peluang, penyelidikan pokok jua bena dilakukan buat melihat potensi monetisasi bagi blog Anda. Jangan sampai terjadi, Anda memastikan pokok yang tak bisa alias terlewat sulit di-monetisasi.
Bagaimana kaidah mengetahui andaikan pokok yang kita pilih ada potensi monetisasi?
Ada berjibun cara.
Cara paling biasa buat pembuka jalan yang abdi sarankan adalah dengan mengetikkan kata kunci pokok yang Anda pilih di mesin radar Google, dan periksa apakah ada advertensi yang muncul di jerambah pencarian Google (posisi advertensi biasanya di belahan paling atas dan paling bawah jerambah pencarian, dengan warna berbeda). Semakin berjibun advertensi yang muncul, semakin baik. Semakin berjibun iklan, artinya semakin berjibun orang yang mencari kata kunci pokok Anda dan semakin besar potensi hadirin blog yang bisa Anda dapatkan.
Sebaliknya, andaikan tak muncul advertensi sama amat di jerambah pencarian, artinya kata kunci yang Anda pilih tak berjibun dicari orang (atau bisa jadi tak mudah di-monetisasi), sehingga peluang Anda buat menghasilkan arta dengan pokok tersebut jua relatif kecil.
Cara lain adalah dengan melihat Google Trends. Cukup ketik pokok pilihan Anda dan lihat apakah kata kunci pokok Anda ada tren yang apik (meningkat alias stabil) alias justru buruk (turun). Jika pokok pilihan Anda menunjukkan tren yang baik, berarti pilihan Anda pernah tepat. Jika alih-alih pokok pilihan Anda ada tren yang buruk, jangan takut buat mencari pokok lain alias setidaknya memperbaiki pokok yang Anda pilih.
Lakukan Sekarang:
Ketik dan penyelidikan pokok pilihan Anda di Google Keyword Planner dan Google Trends setelah melanjutkan ke langkah berikutnya.
REKOMENDASI:
10 Alasan Kenapa Niche Blogging Lebih Menguntungkan
Sebuah esai yang abdi catat melanda alasan kenapa sebagian besar blog besar pada daftar Top 100 Blogs Technorati memastikan pendekatan niche blogging dan kenapa niche blogging kian komersial ketimbang general blogging.
2. MEMBANGUN BLOG
Setelah Anda siap dengan niche/ceruk apa yang hendak Anda tekuni, sekarang saatnya buat dari membentuk blog Anda. Jika Anda betul-betul sedang aktual mau melaksanakan blog Anda yang pertama, tak ada salahnya melaksanakan blog nir-bayar (gratis), seperti Blogger.com alias WordPress.com.
Diantara berjibun kebijakan blog, kedua kebijakan ini boleh dibilang yang paling populer dan mudah digunakan. Hemat saya, andaikan Anda sedang aktual belajar melaksanakan blog buat keperluan make money from blogging, menggunakan Blogger adalah pilihan yang kian masuk budi dibanding menggunakan WordPress.com.
Kenapa?
Karena WordPress.com (yang nir-bayar nama lain gratis) tak bisa diotak-atik buat keperluan menghasilkan arta dari blog. Sebaliknya, Blogger ada fitur-fitur monetisasi yang siap-pakai buat digunakan (termasuk Google Adsense).
Namun demikian, selepas Anda ada layak dana, abdi AMAT SANGAT MEREKOMENDASIKAN agar Anda segera membentuk blog dengan lingkungan dan hosting mandiri Anda seorang diri (tidak lagi menggunakan lingkungan berekstensi blogspot.com alias wordpress.com).
Blog dengan lingkungan dan hosting mandiri, selain kian profesional, jua hendak memudahkan Anda buat mengontrol dan memastikan model monetisasi. Jika Anda menduga siap dengan dana yang cukup, membeli lingkungan (seharga $14,99 buat setahun via GoDaddy) dan hosting (dengan layanan dan harga bervariasi) adalah sebentuk investasi yang sangat layak buat dilakukan.
Catatan: Karena keterbatasan ruang, di belahan ini abdi tak hendak mengulang-ulang penjelasan ala detil step-by-step kaidah melaksanakan blog (baik dengan Blogger ataupun WordPress). Anda bisa browse dengan kata kunci “cara melaksanakan blog dengan Blogger” alias “cara melaksanakan blog dengan WordPress” lewat mesin radar Google. Ada berjibun tutorial cuma-cuma (bahkan video) melanda kaidah melaksanakan blog yang bisa Anda pelajari sendiri.
REKOMENDASI:
Inilah 6 Ciri Nama Domain Yang Layak Anda Pilih
Sebuah esai tamu (guest blogger) yang ditulis oleh Mas Herman Yudiono, pemilik Blogodolar, atas strategi memastikan nama lingkungan buat blog Anda.
Layanan hosting berkualitas namun tetap dengan harga yang terjangkau. Saya seorang diri menggunakan SiteGround (termasuk buat blog ini) dan menyarankan SiteGround bagi Anda yang betul-betul embuh serius menekuni aktivitas blogging.
Penyedia theme premium buat WordPress yang super mudah dikustomisasi dan sangat mudah digunakan bagi blogger pembuka jalan yang embuh segera menghasilkan arta dari blog.
3. MENULIS ARTIKEL PILAR
Apa itu esai pilar? Secara sederhana, esai pilar adalah sebentuk artikel, biasanya panjang dan terstruktur, yang berbadan dua informasi berharga alias rujukan baku yang sangat bermanfaat, yang dipublikasikan di blog. Sebuah esai pilar seringkali tak terikat waktu dan hendak acap dibaca oleh membayangkan yang membutuhkannya (artikel yang cukup Anda baca ini adalah cacat ahad sampel esai pilar).
Selain itu, esai pilar jua ada peranan bena buat membentuk daya dan menarik traffic hadirin ke blog Anda. Jika Anda embuh serius menekuni aktivitas blogging for money, berhati-hati saya, setidaknya Anda harus mencatat minimal 5-10 esai pilar di blog Anda.
Apa sahaja jenis esai pilar yang bisa Anda tulis?
1. Tips dan Trik
Ini adalah esai pilar yang memasrahkan tips dan trik buat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi hadirin blog Anda (misalnya kaidah membaca traffic, SEO, advertensi blog, dan lain-lain).
2. Panduan Tutorial
Ini adalah jenis esai pilar yang menjelaskan langkah demi langkah arahan praktis dengan jalan apa melaksanakan benda hendak sangat bermanfaat bagi para hadirin blog Anda (artikel yang cukup Anda baca ini adalah cacat ahad sampel esai pilar berjenis Panduan Tutorial).
3. Tanya dan Jawab
Ini adalah esai pilar yang cakup pertanyaan apa sahaja yang bisa Anda jawab buat membantu hadirin blog Anda.
4. Studi Kasus
Anda jua bisa menuliskan studi afair tertentu yang ala sengaja Anda buat buat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi pembaca blog Anda (misalnya, studi afair dengan jalan apa blog Anda bisa membaca ranking tinggi di mesin radar Google).
5. Sumber Rujukan
Ini adalah jenis esai pilar dimana Anda tak krusial mencatat seorang diri esai pilar Anda, namun layak dengan cakup artikel-artikel antep dari pelbagai sumber (tentu dengan link-tautan) atas suatu pokok tertentu dan menampilkannya di jerambah blog Anda.
6. Seri Wawancara
Ini adalah jenis esai pilar dimana Anda mewawancarai beberapa orang yang ada keahlian istimewa di niche/ceruk blog yang Anda pilih dan menampilkan hasil dengar pendapat tersebut di blog Anda. Seri Wawancara bisa menjadi cacat ahad jenis esai pilar dengan berjibun kelebihan. Simak keuntungan melaksanakan Seri Wawancara sebagai esai pilar di belahan Rekomendasi di bawah ini.
REKOMENDASI:
Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog (Content – Bagian 1)
Sebuah esai panjang yang abdi tulis, cacat satunya (Bagian 1) melanda pentingnya konten blog dan dengan jalan apa mengintensifkan konten blog buat menghasilkan uang.
5 Keuntungan Membuat Artikel Seri Wawancara di Blog Anda
Sebuah esai berdasarkan pengalaman pribadi melaksanakan Seri Wawancara di Blogguebo.com. Jika Anda embuh melaksanakan Seri Wawancara di blog Anda, esai ini wajib Anda baca.
Kamus Blogger Untuk Pemula: Istilah Blogging Yang Harus Anda Tahu
Sebuah esai panjang (lebih dari 3000 kata) yang abdi catat buat memudahkan Anda memahami istilah-istilah blogging setelah Anda terjun ke dunia make money from blogging.
4. MELAKUKAN OPTIMASI SEO DAN SMO
Membangun blog adalah ahad hal, namun apakah blog Anda kemudian mudah dicari lewat search engine (misalnya Google) adalah hal lain. Jika blog Anda tak mudah ditemukan lewat mesin pencari, maka bisa dipastikan jumlah hadirin pun hendak terbatas.
Harus diakui, terusan terbesar hadirin blog saat ini berasal dari hasil investigasi search engine (seperti Google alias Yahoo). Karena itulah atas langkah keempat ini, optimasi search engine (SEO) dan optimasi social media (SMO) adalah dua hal WAJIB yang harus Anda buat andaikan embuh melimbang arta dari blog Anda.
Apa itu SEO?
Apa itu SMO?
Secara biasa SEO alias search engine optimization adalah teknik-teknik optimasi yang dilakukan buat mengintensifkan posisi ranking sebentuk situs alias blog di mata mesin pencari. Semakin tinggi posisi ranking sebentuk blog dimata mesin pencari, andaikan Google, maka semakin besar peluang membaca traffic hadirin pada jumlah besar.
Sementara itu, ala biasa SMO alias social corong optimization adalah strategi advertensi online yang dilakukan dengan fokus mengoptimalkan tools dan kebijakan social media (misalnya Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, Instagram).
Dengan melaksanakan optimasi SEO dan SMO maka masa ini blog Anda pernah siap buat bersaing membaca traffic hadirin lewat mesin radar dan sekaligus social media. Silahkan simak kian lanjut, cara-cara melaksanakan optimasi, apik SEO maupun SMO lewat artikel-artikel yang abdi catat di belahan Rekomendasi dibawah ini.
REKOMENDASI:
SEO Untuk Blog Anda: Kunci On-Page dan Off-Page SEO
Sebuah esai atas SEO yang abdi catat istimewa buat Anda yang embuh tahu dasar-dasar optimasi on-page dan off-page SEO buat blog Anda.
10 Tips Mudah Social Media Optimization (SMO) Untuk Blog Anda
Sebuah esai yang abdi catat ala istimewa melanda dengan jalan apa melaksanakan optimasi SMO atau social corong optimization.
5. MEMPROMOSIKAN BLOG
Apakah buat membaca ratusan justru ribuan hadirin blog layak hanya dengan melaksanakan optimasi SEO dan SMO saja?
TIDAK.
Hemat saya, hanya melaksanakan optimasi SEO dan SMO sahaja tak cukup. Itu aktual separuh jalan.
Dengan kata lain, Anda tetap harus mempromosikan blog Anda, dari dari kaidah yang paling biasa dan cuma-cuma (misalnya dengan meninggalkan komentar di blog lain dengan menggunakan identitas nama blog Anda), hingga yang paling kompleks dan berbayar (misalnya dengan memakai jaringan advertensi Google Adwords alias Facebook Ads).
Semakin bagus strategi advertensi yang Anda lakukan, maka definit semakin besar peluang paparan blog Anda di dunia maya dan atas gilirannya semakin berjibun pula orang yang hendak mengunjungi blog Anda. Hasilnya: traffic meningkat, pendapatan blog Anda pun hendak meningkat.
REKOMENDASI:
10 Tips Melakukan Guerilla Marketing Untuk Mempromosikan Blog Anda
Sebuah esai yang abdi catat melanda dengan jalan apa melaksanakan teknik advertensi blog dengan cerdas biarpun budget terbatas dengan menggunkan strategi guerrilla marketing.
10 Cara GRATIS Promosi Blog Melalui Facebook
Sebuah esai praktis melanda trik-trik mempromosikan blog dengan memakai fitur-fitur Facebook ala gratis.
6. MEMILIH MODEL MONETISASI
Langkah terakhir yang definit harus Anda buat buat membaca arta dari blog Anda adalah: memilih model monetisasi buat blog Anda. Setelah blog Anda ada jumlah hadirin yang layak signifikan dan stabil (berapa jumlahnya bisa sangat relatif), maka Anda pernah bisa dari memasang program apa yang hendak Anda gunakan buat melaksanakan blog Anda bisa menghasilkan arta ala kontinyu.
Ada berjibun model monetisasi (mulai dari “magazine model” yang mengandalkan traffic hadirin dan memakai advertensi PPC buat monetisasi, hingga “expert model” yang mengandalkan keahlian dan menggunakan jasa/produk sebagai pilihan monetisasi) dan program monetisasi yang bisa Anda pilih, dari dari yang paling mudah (misalnya PPC, dimana Anda tinggal meng-copy paste kode advertensi di blog Anda) sampai yang membutuhkan keahlian istimewa (misalnya membuka membership site).
“Kapan abdi bisa dari melaksanakan monetisasi blog?”
Ada beragam jawaban buat pertanyaan ini.
Anda bisa dari melaksanakan monetisasi blog segera selepas blog Anda selesai dibuat. Atau, Anda jua bisa memastikan buat dari memonetisasi blog Anda selepas jumlah hadirin blog Anda layak berjibun dan stabil. Pilihan ada di tangan Anda sepenuhnya. Namun, berhati-hati saya, hendak sangat kian aman andaikata Anda terlebih dahulu melaksanakan ke-5 langkah diatas setelah melaksanakan monetisasi buat blog Anda.
Silahkan simak kian lanjut pilihan model monetisasi dan program-program monetisasi apa sahaja yang bisa Anda jika buat blog Anda lewat artikel-artikel di belahan Rekomendasi di bawah ini.
Setelah melaksanakan monetisasi, maka masa ini Anda pernah siap buat menghasilkan arta dari blog Anda. Sembari berjalan mengampukan blog yang menduga Anda bangun, evaluasi hasil yang Anda peroleh dan buat tindakan-tindakan perbaikan bilamana diperlukan.
REKOMENDASI:
15 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Bahasa Indonesia
Sebuah esai komprehensif yang abdi catat melanda model-model monetisasi dan cara-cara monetisasi lebih-lebih buat blog berbahasa Indonesia.
5 Cara Non-Konvensional Menghasilkan Uang Dari Blog
Sebuah esai yang abdi catat bagi Anda yang embuh mencoba cara-cara alternatif buat menghasilkan arta dari blog, selain dengan menggunakan Google Adsense.
Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog (Monetization – Bagian 4)
Sebuah esai panjang yang abdi tulis, cacat satunya (Bagian 4) melanda langkah-langkah monetisasi blog dan dengan jalan apa mengintensifkan hasil monetisasi buat blog Anda.
7 Tips Menjalankan Program Affiliasi Dengan Blog Pribadi
Sebuah esai yang mengupas tuntas tips dan tricks menghasilkan arta dengan program affiliasi lewat blog pribadi Anda.
6 Langkah Mudah Membuat Blog Review Produk
Sebuah esai yang mengupas tips-tips melaksanakan blog review produk buat menghasilkan arta dari blog Anda.
5 Tips Mudah Melipatgandakan Penghasilan Dari PPC Lokal
Sebuah esai yang layak Anda baca, andaikan Anda merencakan buat memakai PPC domestik (seperti KlikSaya alias KumpulBlogger) sebagai pilihan monetisasi blog Anda.
Itulah 6 langkah teruji yang bisa Anda segera buat andaikan Anda embuh dari menghasilkan arta dari blog Anda.
Namun demikian, keenam langkah diatas hanya hendak tinggal menjadi “teori kosong” andaikan Anda sekedar mengartikan dan tak melaksanakan apa-apa.
Do act now!
Waktu berjalan berjalan.
Jadi, segera bertindak.
Lakukan keenam langkah diatas dengan benar dan insyaallah Anda hendak dari menjumpai nikmatnya membaca arta dari aktivitas blogging.
P.S: Jika menurut Anda esai ini bermanfaat, abdi senang amat andaikan Anda mau membagikan artikel ini lewat Facebook, Twitter atau Google+. Cukup klik tombol social corong sharing di belahan bawah esai ini buat membagikan.
Image credit: QuantumBooks.com
Demikianlah pembahasan mengenai Untuk PEMULA: 6 Langkah TERUJI Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia | Blogguebo.com semoga tulisan ini berfaedah untuk kita semua. Bila ada kata yang khilaf, mohon di koreksi lewat komentar dibawah ini. salam
Sumber Artikel ini : http://blogguebo.com/untuk-pemula-6-langkah-teruji-monetisasi-blog-berbahasa-indonesia/
Posting Komentar untuk "Artikel Teranyar Untuk PEMULA: 6 Langkah TERUJI Monetisasi Blog Berbahasa Indonesia | Blogguebo.com Cara Monetisasi Blog"