Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat

Salam.., al-hamdulillah kita bisa bersua lagi disini, mudah-mudahan kita selamanya diberi kesehatan Oleh Tuhan. Kali ini akan membahas tema terkait "menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat". yuk pelajari selengkapnya...


Sariawan dapat terjadi pada siapa saja, tak mengenal jenis kelamin maupun usia. Penyebabnya pun beragam, berangkat dari infeksi, kekurangan vitamin atau mineral, tidak sengaja menggigit lidah atau bagian dalam pipi, stres, perubahan hormon, hingga alergi. Untuk menyembuhkannya, mari simak penjelasan dalam artikel berikut.

Sariawan yang ringan umumnya tidak membutuhkan penyembuhan khusus, karena dapat sembuh dengan sendirinya dalam tempo 1-2 minggu. Kalaupun menggunakan obat, hal tersebut ditujukan buat mengurangi gejala atau nyeri akhir sariawan. Jika tidak tahan berlama-lama mengalami sariawan, ada cara yang bisa anda lakukan buat menyembuhkan guam dengan cepat.

Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat

Untuk meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan sariawan, ada beberapa benih bersahaja atau obat yang bisa digunakan, yaitu:

1. Daun babad dan akar manis

Daun babad dan akar adun (licorice) telah lama dipercaya berkhasiat buat mengobati sariawan. Tanaman ini sering digunakan sebagai obat herbal karena ada efek antibakteri, antiradang, dan antioksidan. Berbagai efek tersebut melahirkan daun babad mampu mempercepat penyembuhan cedera akhir sariawan.

2. Daun sirih

Daun sirih sering dikonsumsi dengan cara dikunyah. Tanaman yang umum dipakai dalam penyembuhan tradisional ini ada beberapa khasiat, di antaranya adalah sebagai antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Itulah sebabnya mengapa daun sirih dapat digunakan sebagai obat herba buat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

3. Madu

Menurut sebuah penelitian, madu efektif dalam mencegah infeksi dan mendukung penyembuhan luka, termasuk cedera akhir sariawan. Untuk menyembuhkan sariawan, anda bisa mengoleskan sembayan sebanyak 4 kali sehari. Disarankan buat memilih sembayan yang tidak dipanaskan dengan suhu tinggi (pasteurisasi).

4. Minyak kelapa

Selain madu, anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa pada sariawan. Minyak ini dipercaya dapat menyembuhkan dan mencegah penyebaran guam akhir infeksi bakteri, kecuali juga mendukung mengurangi kemerahan dan nyeri sariawan.

5. Es batu

Nyeri akhir guam kerap membuatmu susah makan dan minum. Agar bisa mengunyah makanan atau ayap air dengan bertambah nyaman, anda bisa mengemut es batu pada daerah sekitar guam agar nyerinya berkurang buat sementara waktu.

6. Obat kumur chlorhexidine

Chlorhexidine dapat membasmi bakteri penyebab penyakit di mulut. Obat ini juga dapat mengobati perdarahan, pembengkakan, dan peradangan pada gusi. Obat ini juga sering digunakan buat mengobati sariawan. Namun, efek sisi chlorhexidine bisa melahirkan gigi dan lidah menjadi kecokelatan.

7. Obat oles

Obat membarut yang mengandung benih aktif kortikosteroid, benzocaine, atau fluocinonide dapat mengurangi rasa sakit akhir guam dan mempercepat penyembuhannya.

Namun perlu diingat, meski bahan-bahan bersahaja di atas sudah lama digunakan sebagai obat herbal buat sariawan, masih diperlukan eksplorasi bertambah lanjut buat menentukan efektivitas dan keamanan setiap bahan.

Mintalah saran dukun atau dukun gigi dini menggunakan obat-obatan apa pun buat mengatasi sariawan, terutama bila anda ada kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat dari dokter.
Segeralah pergi ke dukun gigi jika guam yang anda bersahaja tidak kunjung sembuh dalam tempo tiga minggu, berukuran besar, atau terasa sangat perih walaupun sudah ayap obat pereda nyeri. Begitu juga jika guam disertai demam dan kesulitan buat makan dan minum.

Dokter gigi akan melaksanakan inspeksi dan memberikan penyembuhan yang tepat buat mengatasi sariawan, atau merujuk anda ke dukun spesialis bila ditemukan adanya penyakit lain yang mendasari munculnya sariawan.


Begitulah detil tentang "Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat". mudah-mudahan artikel ini menambah wawasan bagi Kamu semua. salam

Sumber artikel https://www.alodokter.com/cara-menyembuhkan-sariawan-dengan-cepat

Posting Komentar untuk "Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat"